Skip to main content

Cara Mengoptimalkan Kecepatan Android

Android kamu lemot? Sabar gan mungkin ia sedang lelah karena sering kamu gunakan. Dan itu wajar sekali, karena apapun alat yang dibuat dan dipakai manusia selalu saja memiliki kelemahan.

Ibarat manusia yang terus-terusan bekerja tentunya ada saat di mana dia merasa capek, dan itu juga berlaku pada android.

Handphone android yang sering dipakai, lama-lama akan terasa lambat. Itu karena ada banyak sampah yang dihasilkan dari saat pemakaian. Untuk itu handphone perlu dibersihkan secara berkala.

Nah untuk menghindari handphone agar tidak lemot ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Wartawan Android telah mengumpulkan tips supaya handphone kamu selalu dalam keadaan prima.

1. Selalu Bersihkan Sampah
Sampah ini dihasilkan saat handphone dipakai. Aplikasi yang baru saja kamu pakai meninggalkan cache dan bekerja dilatar belakang. Artinya meskipun kamu sudah mengeluarkan aplikasi tersebut, sebenarnya ia masih membebani RAM dan juga memori.

Kamu bisa membersihkan cache handphone dengan aplikasi pihak ketiga. Atau jika kebetulan handphone kamu merk xiaomi atau oppo, kamu bisa memakai aplikasi bawaan. Nah secara deafault aplikasi tersebut akan memberitahu kamu jika sampah di handphone sudah banyak guys.

2. Bersihkan File Ganda (duplikat)
Kamu pasti tidak menyadari, bahwa pada saat kamu mengirimkan gambar, video atau file melalui aplikasi whatsapp, file tersebut terduplikasi menjadi 2, jika ini sering kamu lakukan maka memori internal akan dipenuhi dengan gambar atau file yang sama alias duplikat. Sayang banget kan kalau memori internal kamu penuh untuk menyimpan hal-hal yang tidak penting.

Kamu bisa menghapus file duplikat ini sekaligus dengan memakai aplikasi SD Maid. Aplikasi yang juga dibekali fitur pembersih sampah android ini mampu membersihkan file duplikat sekaligus. Kamu tahu kan maksudnya sekaligus? Yups hanya dengan sekali sentuh maka file duplikat habis terbuang. Tidak perlu takut kehilangan file yang lama, karena tidak akan terhapus.

3. Lakukan Update Firmware
Vendor handphone android selalu membuat update versi terbaru, biasanya pada saat update, pihak vendor melakukan pembenahan pada bux yang ada pada versi sebelumnya. So masalah yang mungkin membuat handphone kamu lemot bisa teratasi.

Saat melakukan update firmware baiknya kamu memakai jaringan wifi supaya tidak menghabiskan paket data kamu (kecuali kamu memiliki paket data banyak). Dan lagi pastikan baterai kamu penuh (minimal 50%) supaya aman saat handphone sedang menginstal pembaruan.

4. Batasi Latar Belakang
Hampir sebagian besar aplikasi android memanfaatkan internet, hal ini bertujuan untuk meningkatkan fitur yang ada di apikasi tersebut. Ini tidak mengherankan bagi pemakai android karena sudah sangat umum berlaku.

Tapi tahukah kamu? jika aplikasi yang menggunakan internet kebanyakan menguras paket data internet bahkan saat aplikasi sedang tidak digunakan. Ini namanya bekerja di latar belakang.

Karena banyaknya aplikasi pemakai data bekerja dilatar belakang tentu sangat membebani memori handphone. Untuk mengatasi hal ini kamu hanya perlu melakukan pembatasan pada aplikasi yang tidak terlalu penting supaya tidak berjalan di latar belakang.

Caranya pergi ke pengaturan, pilih penggunaan data lalu pilih aplikasi tertentu dan batasi penggunaan data latar belakang. Selanjutnya pergi ke pengturan aplikasi dan pilih paksa berhenti pada aplikasi tersebut.

Oh ya, untuk sebagian aplikasi seperti bbm, whatsapp dan sejenisnya memerlukan kerja pada latar belakang, so jangan dimatikan ya. Karena kamu tidak akan mendapatkan notifikasi pesan baru

5. Restart Handphone Berkala
Ini hanya sebagai alternatif jika kamu tidak bisa melakukan point 4. Merestart handphone bisa mengembalikan handphone pada kondisi fresh. Akan tetapi, jangan membuka aplikasi yang tidak penting supaya tidak kembali bekerja di latar belakang.

Kamu juga bisa menghapus aplikasi yang tidak penting. Maksudnya aplikasi yang hanya kamu gunakan pada saat tertentu saja dan bukan merupakan aplikasi harian. Toh kamu kan bisa download lagi kalau sedang memerlukannya.

Nah kawan, itu tadi adalah cara supya handphone kamu tidak lemot. Semoga bermanfaat ya. Wartawan Android senang membantu kamu, tetap pantau blog ini yah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar