Skip to main content

Review Kelebihan MIUI 9

Wartawan Android - Oh yes, ada yang luar biasa pada minggu ini, tepatnya tanggal 26 Juli 2017. Kabarnyaa ini dalah waktu yang telah dijanjikan oleh pengembang MIUI untuk merilis update MIUI 9. Themes handphone khas Xiaomi ini digadang-gadang bakal mengungguli versi MIUI sebelumnya, yakni MIUI 8.

Hasil dari penelusuran Wartawan Android di forum-forum MIUI, berhasil mendapatkan beberapa informasi mengenai MIUI 9. Di antara yang telah ditemukan, ada beberapa info MIUI 9 yang berhasil memukau admin. Itu artinya, pihak pengembang benar-benar mengembangkan update MIUI mengikuti trend kekinian.

Seperti yang telah Wartawan Android tulis sebelumnya, MIUI 9 memakai android 7.0 alias android Nougat sebagai dasar user interface (UI). Android 7.0 alias Nouget membawa penambahan pada fitur layar Split Screen Feature, fitur ini memungkinkan pengguna bisa mengoperasikan dua aplikasi pada satu layar handphone. Jika kita perhatikan, fitur multi tasking ini dipopulerkan oleh windows. Yups kalau kita memakai windwos 8 ke atas, kita akan menemukan split screen ini. Setidaknya ini sangat mirip sekali.

Nah, ternyata MIUI 9 dibekali fitur ini untuk memanjakan para penggunanya. Asyik banget kan? Tapi, tidak semua tipe Xiaomi mendapatkan update MIUI 9 lo. Karena untuk menikmati fitur ini kamu harus melakukan update ke MIUI 9 terlebih dahulu. Tapi tenang, Wartawan Android sudah merangkum tipe hp xiaomi apa saja yang mendapatkan keistimewaan ini. Cek di sini guys: Daftar HP Xiaomi yang Mendapatkan Update MIUI 9.

Kembali ke topik pembahasan guys. Jadi apa saja sih keunggulan dari MIUI 9 ini? Inilah hasil review yang berhasil kami rangkum:

MIUI 9 MENAMBAHAN 3 TEMA BARU DAN PERUBAHAN TEMA DEFAULT

Berdasarkan info dari forum MIUI, pihak pengembang menambahkan 3 tema baru yang cantik dan ciamik serta perubahan pada tema defaultnya. 3 tema tersebut dinamai (1) No Boundary, (2) Color Fantasy, dan (3) Cool Black dan tema default.

Jika kamu jeli, kamu bakal menemukan beberapa perubahan pada tampilan tema di MIUI 9. Apa itu? Yups, label tulisan pada icon paling bawah dihilangkan. Berbeda dengan tipe MIUI sebelumnya, kini tampilan menjadi lebih elegant. Sepakat nggak?

TAMPILAN MIUI 9 LOCK SCREEN SHORTCUT DENGAN GAYA BARU

Hampir setiap tipe ponsel terbaru yang diluncurkan oleh Xiaomi, selalu hadir dengan sensor sidik jari (fingerprint). Bagi mereka yang memiliki Mi Devices dengan sensor sidik jari depan, mereka tidak dapat menggunakan fitur tombol home press dengan menekannya beberapa detik untuk mengaktifkan obor, karena jika ini dilakukan akan membuka kunci ponsel mereka.

Nah, sekarang anda dapat mengaksesnya dengan menggeser layar ke kanan pada layar kunci Anda. Pintasan yang berguna dan biasa digunakan: Mi Home, Mi Remote, Mi Pay, Transport Card, dan Torch bisa diakses di satu tempat juga.

MIUI 9 SPLIT SCREEN FEATURE

Sebenarnya Fitur Split Screen diperkenalkan pada peluncuran Mi Max 2 pada tanggal 25 Mei 2017. Fitur ini diuji pada Mi 5 perangkat MIUI 8 Alpha ROM dan tersedia di MIUI 8 7.7.13 Beta ROM untuk Mi 6 dan Mi Max 2.

Mi Devices dengan Android 7.0 (Nougat) dipastikan memiliki fitur split screen: Mi6, Mi MIX, Mi Note 2, Mi Max, Mi Max 2, Mi 5, Redmi Note 4X.

Android 7.0 dan MIUI 9 membawa penambahan pada fitur layar Split Screen Feature, fitur ini memungkinkan pengguna bisa mengoperasikan dua aplikasi pada satu layar handphone.

MIUI 9 OPTIMASI SISTEM

Pernahkah kamu mendengar tentang Orange Friday? Orange Friday adalah hari dimana setiap jum'at pengembang MIUI melakukan pembaruan perangkat lunak ke ROM China / Global Beta. Pengguna bisa menikmati fitur terbaru dan perbaikan bug di Beta ROM. 

Saat pengembang menambahkan lebih banyak fitur di ROM, ukuran ROM akhirnya semakin besar dan fitur yang jarang digunakan dibiarkan tetap ada. Oleh karena itu, pengembang memutuskan untuk menyederhanakan dan mengoptimalkan ROM dengan menghapus Child Mode, WiWide (menyediakan jaringan wifi umum ke toko dan restoran di China), Contact Card, Showtime (Caller Profile Video) dan banyak lagi.

Sayangnya, pihak MIUI belum terlalu banyak mengabarkan apa saja fitur MIUI 9, mereka lebih sering mengatakan akan mengabarkan setelah updatenya terpublish. Hanya ini yang bisa wartawan android kumpulkan guys.

Oh ya, informasi di atas sebenarnya untuk rilis MIUI 9 di China loh, dan untuk Indonesia sendiri, tanggal pastinya belum tahu. Karena tanggal 26 Juli tersebut, mereka masih akan melakukan pengetesan versi beta kepada para loyalisnya. So, tunggu aja ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar