Skip to main content

Cara Backup dan Restore Data Aplikasi Dengan atau Tanpa Root di Android

Ketika Anda memiliki smartphone android baru, Anda harus mengkonfigurasi ulang semua aplikasi di smartphone baru. Atau, Anda bisa membuat cadangan data aplikasi dari telepon lama, dan mengembalikannya pada yang baru. Dalam kondisi di root atau tidak smartphone android Anda, Anda bisa melakukan hal ini. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan bagaimana caranya kepada Anda.

Cara Backup dan Restore Data Aplikasi Dengan atau Tanpa Root di Android


Apa itu Data Aplikasi?


Setelah Anda menginstal aplikasi pada smartphone Android dan mulai menggunakannya, smartphone Anda akan mengumpulkan data aplikasi, yang terdiri dari konfigurasi tertentu, seperti setting profile, informasi login dan seterusnya. Ini disimpan dalam direktori terpisah. Sehingga aplikasi lain tidak dapat mengakses informasi pribadi Anda, tapi hal ini membuat proses backup lebih sulit. Tanpa izin khusus (akses root) sulit untuk mengakses direktori pribadi dari smartphone lama. Kecuali sebuah aplikasi menyediakan metode backup konfigurasi sendiri, data aplikasi Anda yang akan hilang ketika Anda mengubah smartphone.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena masih ada cara untuk membuat cadangan data aplikasi, meskipun smartphone Anda tidak dalam kondisi sudah ter-root. Beberapa aplikasi backup memungkinkan akses ke app data melalui antarmuka debug untuk mengekspor data app Anda, tanpa akses root, dan transfer ke telepon baru Anda contohnya adalah aplikasi Helium. Kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan aplikasi Helium untuk membuat cadangan data aplikasi.


Backup Data Aplikasi Smartphone Tanpa Akses Root


Jika Anda ingin memindahkan app data dari smartphone lama ke baru Anda seperti dijelaskan di atas, Anda dapat melakukannya dengan aplikasi Helium dengan mudah. Aplikasi ini tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac OS X dan Linux. Jika Anda menggunakan Windows, pastikan Anda memiliki semua driver yang relevan yang diinstal. Untuk driver yang dibutuhkan Anda bisa ke sini.
  • Install Aplikasi Helium Untuk Windows. Disini
  • Install Aplikasi Helium di Smartphone Android Lama Anda
  • Buka dan jalankan Aplikasi Helium di PC anda, tapi jangan hubungkan smartphone Anda terlebih dahulu ke PC
  • Enable USB debugging di smartphone Android Anda.
NOTE : Jika smartphone Anda tidak terdeteksi, USB debugging mungkin tidak benar diaktifkan. Ini juga mungkin karena ADB driver yang sesuai tidak diinstal pada komputer Anda. Dalam hal ini Anda bisa mengunjungi ke situs pengembang Sony dan mendapatkan driver yang dibutuhkan.

  • Setelah itu jalankan Aplikasi Helium di Smartphone Android Anda, kemudian hubungkan Android Anda ke PC menggunakan kabel USB.
  •  Setelah smartphone Android Anda terdeteksi di PC, cabut kembali kabel usb dari smartphone Anda.
  • Sekarang Anda dapat pergi ke aplikasi pada telepon Anda dan pilih aplikasi yang Anda ingin untuk membuat cadangan data app untuk. Jika Anda ingin melakukan semuanya, pilih pilih semua dan sentuh Save.
  • Selanjutnya, Anda harus memutuskan tempat untuk menyimpan data backup tersebut. Anda dapat memilih dari memori internal, microSD atau cloud.
  • Selanjutnya, Anda tunggu beberapa menit sampai proses backup selesai. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa proses backup telah berhasil.

Backup Data Aplikasi Dengan Akses Root


Jika perangkat Android dalam kondisi root, back up app data dapat dilakukan dengan sangat mudah. Anda bahkan tidak harus terhubung ke PC.

  • Ketika Anda menggunakan aplikasi Helium pada ponsel Anda untuk pertama kalinya, ia akan meminta hak Superuser. Ini diperlukan untuk backup akan dibuat tanpa terhubung ke PC.
  • Kemudian, Anda dapat mengikuti proses yang sama seperti di atas untuk memilih mana apps untuk cadangan dan dimana Anda ingin backup akan disimpan.

Restore data aplikasi, dengan atau tanpa akses root


Dengan atau tanpa akses root, proses restore tetap sama.

  • Jalankan aplikasi Helium pada perangkat Android Anda dan pergi ke menu Restore & Sync.
  • Kemudian tentukan aplikasi mana yang ingin Anda restore ke smartphone baru. (Untuk restore dari cloud Anda membutuhkan Helium Versi Premium).
  • Kemudian Anda dapat memilih untuk mengembalikan data aplikasi untuk aplikasi tertentu, atau semua dari mereka. Pilih aplikasi, dan ketuk tombol Restore. Sekarang, data aplikasi akan dipulihkan. Tergantung pada berapa banyak Anda didukung, ini bisa memakan waktu.
Nah itulah cara melakukan backup dan restore data aplikasi Android dengan mudah menggunakan aplikasi Helium. Kamu punya cara atau tips lain? yuk berbagi di kolom komentar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar