Skip to main content

Tips Ampuh Menghemat Baterai Smartphone Android

Tips Ampuh Menghemat Baterai Smartphone Android - Baterai adalah bagian terpenting yang ada di smartphone. Karena tanpa sebuah baterai, secanggih apapun smartphone Anda maka tidak bisa dipakai. Baterai yang boros menjadi hal menakutkan untuk sebagian penggila smartphone, oleh karenanya menghemat baterai adalah hal wajib yang perlu dilakukan. Pada kesempatan kali ini, Wartawan Android akan berbagi tentang tips ampuh menghemat baterai smartphone android Anda, yuk disimak.

Gunakan Wallpaper Berwarna Gelap

Wallpaper dengan warna dominan gelap seperti hitam atau abu-abu sudah terbukti lebih menghemat daya baterai jika dibandingkan warna-warna cerah. Apabila smartphone Anda menggunakan layar AMOLED, maka tips ini akan sangat berguna sekali. Dengan menggunakan wallpaper berwarna hitam maka pixel pada menjadi gelap, sehingga layar smartphone Anda tidak membutuhkan banyak daya untuk menampilkan warna terang.

Gunakan Mode Doze (Android Marshmallow)

Jika Anda pengguna smartphone dengan sistem operasi android marshmallow, maka fitur keren ini wajib Anda aktifkan. Dengan fitur ini, daya baterai smartphone Anda dapat dihemat. Fitur Doze memungkinkan perangkat android Anda untuk masuk ke mode hibernasi ketika smartphone tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama lama. Pihak Google sendiri selaku pemilik Android mengklaim bahwa dengan fitur ini baterai dapat dihemat hingga tiga kali lipat. Untuk mengaktifkan fitur DOze ini, Anda bisa masuk ke menu Setting -> Battery -> Battery Saver -> Aktifan Mode Doze.

Baca Juga : Cara Menghemat Baterai Xiaomi

Tutup Aplikasi yang Berjalan di Background

Aktifitas multitasking pada smartphone android memang sangat membantu sekali, terutama untuk Anda yang super sibuk. Tapi kenyataannya, hal ini sangat membuat baterai sangat boros. Semakin keras RAM bekerja, maka semakin cepat pula baterai smartphone Anda habis. Nah, jika Anda ingin menghemat baterai sangat kami sarankan untuk menutup aplikasi yang tidak digunakan. Selain itu, matikan juga fitur auto-update aplikasi pada Google Play Store, hal ini juga mencegah kuota internet Anda cepat habis.

Kurangi Penggunaan Widget

Penting untuk Anda ketahui, penggunaan widget pada smartphone dapat membuat baterai Anda menjadi sangat boros.Jadi gunakan widget seperlunya saja, jangan berlebihan. Jika ingin tetap menggunakan widget, kami sarankan untuk hindari penggunaan widget seperti widget Twitter, widget cuaca, gmail dan sejenisnya, Karena widget sejenis itu terus melakukan update rutin sehingga RAM dan data seluler akan bekerja terus menerus.

Gunakan Aplikasi Greenify

Langkah terakhir untuk menghemat baterai adalah dengan menggunakan aplikasi android yang bernama Greenify. Aplikasi Greenify memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi yang Anda inginkan dan aplikasi yang mengkonsumsi daya baterai paling besar ke mode hibernasi ketika tidak digunakan. Intinya, Aplikasi Greenify akan memonitoring segala proses aplikasi yang berjalan pada smartphone Android Anda.

Nah itulah beberapa Tips Ampuh Menghemat Baterai Smartphone Android yang dapat Wartawan Android sampaikan. Semoga tips diatas dapat membantu Anda mengatasi masalah boros baterai pada smartphone android Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar