Skip to main content

Meningkatkan Performa Smartphone Dengan 4 Cara Ampuh

Hai pengguna Android, apakah kamu merasa smartphone yang kamu miliki lambat? Atau Android kamu terasa tidak seresponsif seperti saat masih baru? Jika ia, berarti smartphone kamu sedang dalam masalah. Coba lakukan cara-cara ini.

Menurunnya performa android bisa disebabkan oleh banyaknya cache atau sampah yang tidak pernah dihapus, atau RAM terbebani oleh aplikasi yang kamu instal. Semakin banyak aplikasi yang diinstal maka semakin banyak beban yang diberikan kepada RAM.

Nah, Wartawan Android punya solusi tepat untuk mengatasi hal tersebut. Simak baik-baik ya.

1. Buang Aplikasi yang Tidak berguna

Kebanyakan dari pengguna smartphone biasanya memasang berbagai macam aplikasi tanpa memikirkan kekuatan dari handphone tersebut. Misalnya melihat besarnya RAM atau memori internal yang tertanam di smartphone.

Masalahnya, semakin banyak aplikasi yang dipasang, maka akan berpengaruh buruk pada handphone. Ini otomatis terjadi karena setiap aplikasi memakai resourche dari RAM.

Nah untuk itu, silakan uninstal aplikasi yang tidak terlalu sering kamu pakai. Atau buang saja aplikasi yang benar-benar belum pernah kamu pakai. Dengan ini maka RAM kamu bisa tambah lega.

2. Hemat Mengunakan RAM

RAM adalah Random Akses Memory yang berfungsi untuk menyimpan proses perintah di smartphone secara sementara. Seperti pada point nomor satu, apabila ada beban berlebih pada RAM, maka HP semakin lambat.

Kamu bіѕа menginstall aplikasi task killer уаng berguna untuk meningkatkan kapasitas memori RAM уаng ѕudаh tersedia.  Selain itu, aplikasi task killer аkаn meningkatkan dаn membantu kinerja smartphone anda.

3. Jangan izinkan aplikasi berjalan di latar belakang

Tanpa diperintah, apabila aplikasi sudah mendapatkan otorisasi (izin) menggunakan HP untuk berjalan di latar belakang, maka di situlah masalah sebenarnya.

Aplikasi yang berjalan di latar belakang memang memudahkan bagi kita, misal ketika kita mengizinkan aplikasi WA berjalan di latar belakang, maka tanpa kita buka aplikasi tersebut, ia bisa bekerja sendiri, semisal memberikan notifikasi pesan baru.

Nah masalahnya ketika hanpir semua aplikasi berjalan di latar belakang, bisa jadi mempengaruhi kinerja HP. Untuk itu silakan hapus izin aplikasi yang tidak terlalu penting supaya tidak berjalan ketika kita tidak membukanya.

4. Matikan Internet Ketika Tidak Diperlukan

Koneksi data уаng membutuhkan kecepatan аkаn menghabiskan daya baterai раdа perangkat Anda, bаhkаn memperlambat kinerja smartphone Anda. Untuk mengatasinya, cari dаn install aplikasi dі Play Store уаng bіѕа mengontrol pemakaian data ѕеrtа mensinkronasi layar belakang perangkat Anda.

Efek dari cara ini adalah, anda tidak akan mendapatkan notifikasi baru dari aplikasi yang membutuhkan internet untuk dapat berjalan secara normal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar